Menemukan Bahagia Setiap Hari

Mengenali dan memahami hal-hal yang dapat kamu kontrol akan menjadi kunci kebahagiaan ❤

Menjadi bahagia itu perlu pengetahuan dan skill...

Perlu latihan...


oh ya, 

sebelum melanjutkan baca, pastikan sudah cek link ini :

https://www.annasahmad.com/2022/08/perlu-uang-untuk-bahagia-atau-malah.html

.

.

Ok, sekarang kita explorasi cara praktis untuk bisa bahagia setiap hari.

Ada 9 cara yang bisa kita pelajari dari "Science Of Happiness"

1. Olahraga

Ketika kita olah raga, tubuh dan otak kita menghasilkan hormon-hormon yang memicu kebahagiaan. Pada satu titik tertentu kita akan merasakan munculnya hormon endorfin yang membuat perasaan kita happy. 

Pilih saja olah raga yang kamu suka, misal berenang, tenis meja, badminton, basket, main bola, join ke gym. Atau kalau tidak punya ide olahraga cukup jalan kaki sekitar 3-5 KM (30-60 menit).


2. Berkebun atau ke taman / hutan

Pepohonan dan bunga memberikan efek luar biasa. Ketika kita bisa menghirup udara yang lebih segar dan kaya akan oksigen akan memunculkan kebahagiaan. Selain itu warna hijau dan warna bunga memberikan sensasi visual kita. Suara dari hembusan angin, gesekan daun, ataupun gemericik air sangat bermanfaat memunculkan rasa bahagia.

Makin mantap lagi kalau bisa sekaligus jalan kaki di taman atau hutan. Karena bisa sekaligus mendapatkan 2 sensasi yang dapat memunculkan rasa bahagia.


3. Senyum dan terima kasih

Berbuat baik itu sangat mudah dan murah. Senyum saja kepada semua orang yang kamu temui. Baik yang kenal ataupun tidak dikenal. Ucapan terima kasih atas hal-hal kecil yang dilakukan orang lain juga bisa memberikan efek bahagia untuk diri kita sendiri.

Misal berterima kasih ke keluarga yang membangunkan di pagi hari, ke rekan kerja, ke tukang parkir, ke abang gojek, ke satpam komplek, ke penjual karedok, dan orang-orang yang kita temui. Rasakan energi kebahagiaan itu terpancar.


4. Sedekah

Menjadi dermawan itu membuat jiwa lebih happy dibandingkan menjadi orang yang pelit. Tidak perlu hal-hal yang bernilai besar. Misal memberi tambahan 1000-2000 untuk tips, bersedekah Rp.10.000 di masjid waktu subuh, atau memberikan makanan ke kucing bisa membuat hati kita makin happy.

Sadari efek dari happy yang membuat kita makin semangat kerja, sehingga kita juga bisa makin produktif, dan bisa makin sukses dalam berbagai aspek kehidupan lainnya.


5. Bertafakkur, berdiam diri, meditasi

Silahkan pakai istilah apapun. Intinya luangkan waktu sendiri 5 menit untuk merenungkan kebesaran Allah Yang Maha Kuasa. Syukuri atas segala karunia yang telah dianugerahkan pada diri kita selama kita hidup di dunia ini. 

Momen ini juga bisa diperkuat dengan membuat dan menuliskan jurnal syukur. Renungkan 3 kejadian di hari ini yang bisa kita syukuri. Saya yakin, selalu ada hal positif walaupun itu sangat sederhana dan nampaknya biasa. Misalkan kita masih diberikan kesempatan hidup, bisa bernafas, bisa melihat, kita bisa bertemu keluarga, bisa mencari nafkah, sampai hal-hal besar misalkan baru dapat gaji, bertemu dengan idola kita, menemukan ilmu baru, dan sebagainya.


6. Berbuat baik

Istilahnya random act of kindness. Kita mencoba membangun kebiasaan / habit yang baik. Kebaikan ini bisa macam-macam, yang sederhana misalkan kita mau masuk ke ruangan, ada orang di belakang kita, kita bukakan pintu, dan kita tahan untuk mempersilahkan orang di belakang kita sampai masuk juga. Memberikan duduk untuk lansia di kereta atau busway, mendahulukan orang untuk keluar dari lift, baru kita masuk, mengambil sampah yang dibuang sembarangan, bahkan menulis sesuatu yang bermanfaat seperti tulisan ini, membuat status di fb, membagikan video inspirasi di tiktok, itu semua kebaikan yang bisa bermanfaat bagi diri kita dan orang lain.

Mari kita lebih menyadari untuk menambah habit berbuat baik ini ke semua orang dan makhluk di muka bumi ini. Dan itu semua membuat diri kita merasa bermakna dan bahagia.


7. Miliki hobi

Hobi adalah sesuatu yang bisa kamu lalukan tanpa bosan. Kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam diskusi dan ngomong tentang hal itu. Kamu bangun pagi ketika ada jadwal hobi itu, ketika kamu kerja ataupun tidak ngapa-ngapain kamu ngelamunin tentang hal itu.

Tentu ada hobi yang mahal, seperti otomotif, touring harley, jam mewah, dan sebagainya....

Dan ada juga hobi yang sangat terjangkau : lari, jalan kaki, yoga, sepedaan, baca buku, dll.

Selain hobi yang bersifat kesukaan, hobi ini juga bisa berpeluang menghasilkan tambahan income. Misal dengan membuat konten di youtube (adsense), membuat coding website, nulis jadi buku/ebook, bercocok tanam lalu menjual tanaman, membuat desain interior, memasak dan sebagainya. Kebahagiaan dalam menjalankan hal-hal yang kita senangi akan membuat skill dan pengetahuan kita di bidang itu semakin meningkat.


8. Travelling

Mengunjungi tempat yang baru pertama kali di datangi selalu memunculkan sensasi. Rasanya bisa campur aduk. Penasaran, takut, exiting, dan banyak lagi. Selalu pilih rasa-rasa yang positif dan membahagiakan.

Kamu bisa mencari hal-hal yang menarik minat dan menghubungkan dengan hobi, mengenal sejarah dan budaya, berkenalan dengan orang-orang baru, sampai menikmati makanan lokal daerah tersebut.

Perjalanan selalu membuka wawasan yang baru, melatih openmind, dan growth mindset.


9. Goal Set & Dream

Setiap orang pasti memiliki keinginan. Coba mulai lihat lagi goal kehidupan yang sudah kamu buat. Goal yang besar, lalu cacah menjadi goal-goal yang kecil, lalu action kecil-kecilnya.

Ingat : action kecil-nya.

Lakukan saja, jangan terlalu dipikirkan sampai overthingking. Sadari bahwa hasil akhir itu memang ada diluar kendali kita, tetapi proses dan perilaku yang kita lakukan saat ini adalah kendali diri kita.

Sesuaikan saja dengan diri kita sendiri :

apa goal besarnya? kapan? ini bisa jadi di luar kendali diri

apa goal kecilnya? apa ukurannya? bisa jadi ini tidak dalam kendali 100%

apa action kecil? ini adalah perbuatan / aktivitas yang bisa kita putuskan sekarang juga.

.

.

Dalam suatu penelitian menyebutkan apa yang banyak di sesali orang ketika sudah tua, adalah mereka tidak melalukan apa yang dia mau lakukan ketika dia masih muda.

Beraktivitas, berikhtiar, berusaha itu adalah kondrat manusia yang masih hidup. Proses inilah yang membahagiakan. Bisa jadi berkeringat, bisa jadi melelahkan, bisa jadi penuh tantangan. Ketika kamu punya goal, punya mimpi, artinya kamu memiliki harapan.


Semangat pagiiiiii!


PS. Sumber Gambar @successpicture

Postingan Populer