10 Ide Kebiasaan atau Habit Kecil

Ingat pepatah "Jangan menunggu sampai besok, karena besok bisa jadi terlambat."

Membangun kebiasaan itu mulai dari kecil, mulai dari sekarang, mulai dari diri sendiri.

Kamu ingin lebih kaya, lebih sehat, lebih pintar, lebih bahagia?
Tentu semuanya perlu proses dan langkah-langkah kecil.


Alih-alih kamu mau melakukan kebiasaan yang berat, nanti malah gak jalan.
- terlalu sulit
- terlalu berat
- gak punya waktu
- bikin alasan
- ....


dan akhirnya gagal, pilih saja dari yang Mudah, Murah, Gak pake mikir!

.

Apa langkah kecil yang bisa kamu coba mulai hari ini juga?

  1. Rutin bangun pagi di awal waktu. Misal bangun setiap jam 5 pagi. Bangun sebelum subuh sehingga punya waktu lebih di pagi hari, tidak tergesa-gesa, dan tubuh lebih segar.
  2. Membuat to-do list: tentukan 3-4 kegiatan penting yang akan dilakukan hari ini, sehingga bisa membuat prioritas dan makin produktif
  3. Olahraga ringan : mulai saja dengan plank 60 detik, atau pushup 10x, atau jalan kaki 15 menit sehingga badan lebih segar dan fit
  4. Makan makanan sehat: menghindari konsumsi gula (karbo tinggi) dan jajan junk food misalnya. Atau bisa juga menyiapkan air putih di tumbler untuk diminum dalam 1 hari agar berat badan tetap terjaga.
  5. Belajar sesuatu yang baru: luangkan waktu membaca 2 halaman buku, atau menonton video edukasi / tutorial di youtube 10 menit agar dapat ilmu terkini yang bisa dipraktekkan.
  6. Memperhatikan kebersihan: Mandi sebelum jam 5 pagi, atau melipat selimut setelah bangun, atau mencuci piring usai makan sehingga lingkungan rapi dan tidak bau.
  7. Menghargai orang lain: Menyapa pasangan setiap pagi, menghubungi orang tua sebelum tidur, menyapa minimal 5 orang yang ditemui setiap hari, sehingga muncul perasaan bahagia.
  8. Bersyukur: hal ini dapat membantu meningkatkan kebahagiaan dan menghargai apa yang telah dimiliki. Lakukan rutin 5 menit sebelum tidur dengan menuliskan 3 hal yang bisa disyukuri hari ini agar yakin Allah selalu memberikan yang terbaik untuk diri kita.
  9. Latihan mental: luangkan waktu memecahkan teka-teki silang, bermain trivia game untuk membantu meningkatkan kecerdasan, kreatif dan keterampilan berpikir.
  10. Bersabar dan berpikir positif : ini tentu tidak mudah dan tergantung skalanya. Sering kita terjebak secara otomatis berteriak atau membentak jika kita melihat hal-hal yang kita tidak suka. Latihlah membuat jeda sebelum melakukannya. Atau ubah kata-kata nya menjadi pertanyaan.... Sehingga sadar, ketika kita emosi, maka menyeret perasaan kita menjadi tidak mood. Sebaliknya, sabar dan positif membuat kita lebih tenang, santai, dan bebas.

menurut kamu apa lagi?


Buat kamu yang mau explore diri kamu. Klik disini -> Wheel Of Life Template

.




. .
Simple man, High Attitude