Money Script : keyakinan diri akan uang....

Ketika berbicara tentang uang,

Apa yang ada di benak kamu?

Hal-hal yang baik,

atau hal-hal yang buruk?

.

Setiap orang punya keyakinan yang berbeda tentang uang, dan sangat memengaruhi keputusan keuangan dan cara mengelola uang. 

Tentu kita perlu bertanya pada diri sendiri, sehingga dapat mengenal apa "money script" yang kita miliki. Jika sudah positif bisa dilanjutkan dan tingkatkan. Jika masing tidak selaras, maka perlu disadari, dikendalikan, atau diubah agar lebih selaras dengan tujuan hidup kita.

.

Beberapa contoh money script yang sering menghambat seseorang dalam mencapai kekayaan : 

"Uang adalah akar segala kejahatan"

Keyakinan bahwa uang dapat menjadi sumber masalah atau konflik, yang dapat menghambat seseorang dari mencari keberhasilan finansial.


"Uang tidak bisa membawa kebahagiaan"

Pandangan bahwa kekayaan materi tidak akan membawa kebahagiaan, yang dapat membatasi keinginan untuk mencapai sukses finansial.


"Saya tidak pantas memiliki uang banyak"

Keyakinan bahwa diri sendiri tidak layak mendapatkan kekayaan atau kesuksesan finansial bisa menghambat upaya untuk mencapai tujuan keuangan.


"Lebih baik menyenangkan diri sekarang daripada menabung untuk masa depan"

Konsep YOLO yang fokus pada kenikmatan sekarang daripada perencanaan untuk masa depan, akan membuat seseorang tidak bisa menabung maupun ber-investasi untuk jangka panjang.


"Semua orang kaya itu jahat dan melakukan hal-hal curang"

Keyakinan bahwa kekayaan selalu dihasilkan melalui tindakan yang tidak etis atau curang.


.

Apakah kamu memiliki keyakinan seperti diatas?

Coba renungkan dulu.....


.

Jika iya, apakah kamu ingin mengubahnya?

Kenapa?

.

.

silahkan tuliskan di kertas dulu money scriptnya yang kamu miliki. Lalu silahkan lanjutkan membaca....

.

.



Ada beberapa hal yang perlu kita kenali yaitu :

Apa itu Money Scripts?

Beberapa hal diatas adalah contoh keyakinan atau sudut pandang tentang uang yang dimiliki seseorang. Money scripts itu memengaruhi cara kita berpikir, merasa, dan bertindak terkait dengan uang. Ini yang perlu kita kenali, sehingga kita bisa kendalikan.

Masa Kecil Kita.... 

Keyakinan kita tentang uang itu terbentuk dari masa ke masa mulai ketika kita kecil. Kita mungkin pernah diberikan pesan oleh orang tua kita, ketika di sekolah pernah mendapatkan informasi dari guru kita, dan ketika dewasa semakin banyak yang akan membentuk "Money script".

Pengalaman dan pembelajaran finansial selama masa anak-anak hingga saat ini merupakan pondasi dasar yang terbentuk dalam diri seseorang.

Momen kehidupan....

Jika usia kita sudah diatas 30 tahun, maka akan banyak sekali peristiwa yang melibatkan kuangan dalam diri kita. Misalkan menabung, berhutang, mendapat gaji, mendapatkan uang, berinvestasi, belanja, dan banyak keputusan keuangan yang mempengaruhi perkembangan money scripts. 

Bisa juga kejadian seperti pengalaman keuangan keluarga, teman, sampai peristiwa dramatis seperti kehilangan pekerjaan, ditipu, dan mendapat warisan.

.

Ada 2 jenis Money Script :

1. Money Avoidance Issues: 

Menghindari urusan dengan uang. Hal ini terkait psikologis atau emosional seseorang yang cenderung menghindar dari urusan uang. Bisa jadi mereka merasa bersalah atau cemas terkait keuangan sehingga menghambat kemampuan mereka untuk mengelola keuangan dengan baik. Orang seperti ini segan untuk membuat rencana keuangan maupun diskusi tentang uang.

2. Money-Worshiping Issues:

Pemuja uang. Berbeda dengan tipe sebelumnya, orang jenis ini terlalu tinggi menempatkan uang atau kekayaan materi. Bisa jadi mereka terlalu fokus pada pencapaian finansial sebagai ukuran keberhasilan dan kebahagiaan. Terkadang mereka juga mengorbankan hubungan atau nilai-nilai pribadi demi mencapai tujuan keuangan.


Dengan mengenal hal tersebut, kita perlu memperbaiki hubungan dengan uang. 

Kita perlu sadari tiap orang bisa jadi punya sudut pandang yang berbeda, sehingga bisa menghasilkan perbedaan keputusan tentang uang. Misalnya tentang pengelolaan pemasukan pengeluaran, gaya menabung dan investasi, dan sebagainya. 

Ketika ada dalam keluarga ataupun organisasi, perlu dibuat kesepakatan sehingga terbangun kestabilan hubungan dan komunikasi yang penuh kompromi.

.

Bisakah Merubah Money Scripts?

Jika kita telah menyadari "Money Script" kita ternyata perlu diubah dan diselaraskan dengan tujuan keuangan kita, maka perlu melibatkan kesadaran akan keyakinan-keyakinan yang tidak sehat atau tidak produktif terkait uang. 

Kita tuliskan ulang money script yang tidak mendukung,

Lalu ubahlah menjadi kata-kata yang lebih positif dan support.

Carilah orang lain yang bisa membantu untuk melakukan refleksi, edukasi keuangan, dan mencari support dari lingkungan terdekat (komunitas) yang sama-sama selaras. Intinya adalah mengubah keyakinan yang tidak sehat dengan pandangan baru yang lebih positif.

.

Nah, setelah selesai membaca sampai bagian ini, cobalah untuk refleksi dengan introspeksi diri atau pemikiran mendalam tentang diri sendiri, termasuk pemahaman terhadap money scripts dan dampak kedepan untuk kehidupan kita. 

Jadikan proses ini menjadi langkah awal dalam mengenali dan mengubah mindset kita agar lebih berdaya kedepannya. 

.

Mau belajar hal-hal seru lainnya?

JOIN GROUP WHATSAPP -> https://chat.whatsapp.com/G6pis5PQQkrDcmQ29vZBNy

.

PS. Dapatkan berbagai tools keren untuk mindset uang yang mungkin selama ini belum kita sadari di : https://www.meaningfulmoney.life/exercises



Simple man, High Attitude