Cek ini buat tahu apa kamu berbakat jadi orang kaya!

 Apakah kamu punya bakat jadi orang kaya?

cek deh...

Konsep "Prodigious Accumulator of Wealth" (PAW) diperkenalkan oleh Dr. Thomas J. Stanley dan William D. Danko dalam buku mereka "The Millionaire Next Door." 

Dalam penelitian mereka, mereka mengkategorikan individu menjadi dua kelompok utama berdasarkan kebiasaan akumulasi kekayaan mereka: 

1. Prodigious Accumulators of Wealth (PAWs) -> Berbakat kaya

2. Under Accumulators of Wealth (UAWs) -> Perlu belajar banyak untuk jadi kaya (istilah yang diperhalus 🙂 )

Prodigious Accumulators of Wealth (PAWs) adalah orang-orang ini telah mengumpulkan tingkat kekayaan yang lebih tinggi dari rata-rata berdasarkan pendapatan dan usia mereka. 

Atau bisa jadi mereka memiliki kekayaan bersih yang lebih tinggi dibandingkan rekan-rekan sebaya mereka dengan pendapatan dan usia yang mirip-mirip.

Mereka bisa mengatur penghasilan dan pengeluaran, biasanya hidup hemat, menabung secara konsisten, dan berinvestasi dengan bijaksana. 

Sebaliknya Under Accumulators of Wealth (UAWs) bukan berarti hanya punya pekerjaan gaji kecil lho. Tapi karena kemampuan dan kesadaran keuangan rendah, mereka tidak memiliki kebiasaan menabung, terjebak dalam utang yang banyak, dan konsumsi berlebihan. 

.

Nah kamu masuk kategori yang mana?



Ini rumusnya : 

Target Asset / Kekayaan Bersih = (Usia × Pendapatan Tahunan) / 10 

Usia : umur saat ini

Pendapatan tahunan : total gaji satu tahun + income lain (bonus)

.

Lalu bandingkan dengan asset riil yang dimiliki.

.

Jika kekayaan bersih sebenarnya jauh lebih tinggi dari kekayaan bersih yang diharapkan, maka kamu termasuk Prodigious Accumulator of Wealth (PAW). Selamat!!!

Artinya kamu sudah bisa secara efektif mengumpulkan kekayaan, memiliki gaya hidup yang selaras dengan penghasilan, dan mampu menyimpan + menginvestasikan sebagian besar pendapatan dari waktu ke waktu untuk mencapai kesuksesan keuangan. 

Kalau ternyata posisi kamu belum sampai di titik itu, don't worry. Ini langkah yang penting bagi kamu buat mulai lebih "sadar" dan kembali belajar dan menyesuaikan diri untuk membangun kekayaan dalam jangka panjang


Dapetin materi GOAL MAPPING 

Simple man, High Attitude