Bagaimana Manusia Bertindak?

Pernahkah kamu berpikir kenapa melakukan hal ini?

Kenapa kamu sekolah?

Kenapa kamu beribadah?

Kenapa kamu bekerja di perusahaan tersebut?

dan kenapa-kenapa yang lain....

.

 "The Laws of Human Nature" ditulis oleh Robert Greene menggali lebih dalam tentang manusia, perilaku manusia, dan dinamika sosial antarmanusia.

Coba sadari tentang perilaku manusia seperti ambisi, manipulasi, empati, kekuasaan, dan cara berinteraksi sosial. Dari pengalaman itu, dia menemukan beberapa prinsip-prinsip yang dapat mempengaruhi perilaku manusia dan mengapa manusia cenderung berperilaku seperti itu.

.

Yuk bersama kita mencoba memahami lebih dalam tentang manusia dan mengapa manusia bertindak seperti yang kita lakukan serta meningkatkan pemahaman diri dan hubungan dengan orang lain.


1. Terimalah Perasaan Anda : Sadari bahwa emosi-lah yang memiliki peran besar dalam memengaruhi keputusan kita, meskipun terkadang tampak tidak logis dalam pikiran. Disini kita belajar dengan menerima kesadaran mengelola emosi diri sendiri, menghindari jebakan amygdala (reptilian brain), bagaimana berhubungan dengan orang lain dan menunjukkan empati.


2. Ambisi dan Dorongan : Manusia secara alami memiliki ambisi dan keinginan untuk maju dalam hidup. Prinsip ini mendorong bagaimana kita memotivasi tindakan kita dan bagaimana kita juga dapat memahami ambisi orang lain.


3. Jadilah Dirimu Sendiri : Kenali kecenderungan-kecenderungan yang kita miliki, sehingga dalam menyesuaikan diri dan terhindari dari konflik panjang. Temukan keseimbangan antara menjadi diri sendiri dan pengaruh orang lain.


4. Empati dan Pengertian : Empati adalah kemampuan untuk merasakan dan memahami perasaan orang lain. Kita perlu berlatih mengembangkan empati sehingga membantu kita berhubungan dengan orang lain dengan lebih baik.



5. Bebaskan Diri dari Pola Berbahaya : Setiap kejadian tidak terjadi begitu saja, ada tanda-tanda (pola) yang bisa dipelajari. Temukan akar (kecenderungan) yang kuat atas tindakan berbahaya terjadi secara berulang. Bantu orang lain memutus siklus ini dengan kebaikan.

6. Mengarahkan Egoisme : Kembangkan strategi ketika berhubungan dengan orang lain yang egois dan hanya memikirkan diri sendiri. Jaga diri dari manipulasi dan bangunlah hubungan yang sehat. 

7. Kembangkan Potensimu: Majulah kedepan, atasi hambatan yang menghalangi kesuksesan dan support orang lain untuk mencapai tujuannya. 

8. Dinamika Kekuasaan : Di setiah hubungan antar manusia, akan ada pola leadership yang mengungkap cara kekuasaan mempengaruhi interaksi dan bagaimana kita dapat mengatasi konflik kekuasaan.

9. Karakter dan Authentic : Bagaimana karakter dan keaslian diri kita mempengaruhi cara kita dilihat dan diperlakukan oleh orang lain. Prinsip ini mengajarkan tentang pentingnya menjadi diri sendiri dan berintegritas.

10. Raihlah Kedamaian : Sadari adanya potensi agresi dalam sifat manusia dan cari solusi yang damai (win-win) untuk konflik.

11. Kesadaran Diri : Pentingnya memahami siapa kita, identitas diri dan mengapa kita berperilaku seperti itu. Kesadaran diri akan membantu kita mengatasi kelemahan dan memaksimalkan potensi yang kita miliki.

12. Terima Perubahan : Pahami bahwa pendapat orang bisa berubah, perilaku orang bisa dengan cepat karena faktor eksternal. Semua hal diluar diri kita, ada diluar kendali diri kita. Tetaplah terbuka dan bangun hubungan yang otentik. Terima keberagaman sebagai potensi, bukan sebagai halangan.

13. Resistensi dan Daya Tahan : Manusia cenderung mengalami rintangan dan hambatan dalam hidup. Dalam mengatasi rintangan, secara bersamaan akan membangun (memperkuat) daya tahan dalam menghadapi tantangan yang lebih besar lagi.

14. Daya Tarik dan Pengaruh : Bagaimana manusia terpengaruh oleh orang lain dan bagaimana kita dapat memahami dan mengelola daya tarik yang mempengaruhi keputusan kita.

15. Temukan Makna dalam Hidup : Teruslah belajar, membuka diri, mencari pengalaman, sehingga terus terlatih dan termotivasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

16. Perlakukan Semua Orang dengan Hormat : Hindari meremehkan orang lain, setiap orang bisa jadi memiliki sudut pandang yang berbeda. dan terhubunglah sebagai sesama manusia secara tulus dengan empati, tanpa memandang status.

17. Ketidakpastian dan Ketakutan: Manusia akan dihadapkan pada ketidakpastian dan ketakutan. Pahami tentang ketakutan, bagaimana mengelolanya, dan menghadapi ketidakpastian dalam hidup.



Dapatkan inspirasi lainnya : https://chat.whatsapp.com/G6pis5PQQkrDcmQ29vZBNy


🥰 Yuk join komunitas produktif dan supportif : https://bit.ly/3Yfp1dd

Simple man, High Attitude