Apa Bantuan Berharga Bagi Anak Untuk Hidupnya?

Apakah uang melimpah?

Apa rumah mewah? atau warisan yang banyak?

.

Saya adalah seorang anak.

Saya juga seorang orang tua.

Bagi saya pribadi, warisan yang terbaik adalah "ilmu".

.

Diane Tavenner, menulis buku "Prepared: What Kids Need for a Fulfilled Life", yuk kita explorasi apa yang bisa kita pelajari, dan bisa kita perbaiki untuk mempersiapkan generasi berikutnya.

.

1. Hal yang penting yang dapat kita lakukan untuk anak-anak adalah membantu mengembangkan pertumbuhan pola pikir. Growth Mindset. Kita percaya bahwa kecerdasan dan kemampuan dapat dikembangkan melalui usaha dan kerja keras.

2. Kita perlu membantu anak-anak memiliki keterampilan belajar secara mandiri. Ini berarti mengenalkan bagaimana menetapkan goal / tujuan, merencanakan dan menjalankan, serta merenungkan / mengambil pelajaran dari suatu kejadian. 

3. Penting bagi anak-anak memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan orang lain. Disini mereka belajar dan bekerja dengan efektif bersama orang lain dan sinergi membangun hubungan.

4. Bantu anak-anak untuk memiliki sense of purpose. Bagaimana anak-anak bisa menemukan sesuatu yang mereka sukai (pleasure), yang mereka minati (passion) dan memberi makna (purpose) pada hidup mereka.

5. Ciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong bagi anak-anak. Dalam hal ini baik secara fisik maupun emosional seperti cinta, penerimaan, dan memberikan kesempatan untuk mencoba.

.

6. Sistem sekolah umum belum tentu menjadi cara terbaik untuk mempersiapkan anak-anak untuk masa depan. Anak-anak perlu mampu berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkolaborasi secara efektif.

7. Orang tua dapat mengambil peran untuk membantu anak-anak mengembangkan skill / keterampilan yang mereka dibutuhkan untuk kehidupan. Beri mereka kesempatan untuk belajar dan berkembang, kita bantu mereka menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Dalam hal ini bukannya memberikan ikan, tapi bagaimana mengajarkan memancing atau membuat kail.

.



Apa life skill yang perlu diperkenalkan ke anak ?

A. Bantu mereka menetapkan goal dan tujuan. Berbicaralah dengan anak-anak tentang apa yang ingin mereka capai dalam hidup, dan bantu mereka memecah tujuan-tujuan tersebut menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan ada dalam kendali diri. 

B. Dorong mereka untuk berani mengambil risiko. Kegagalan adalah bagian dari pembelajaran, jadi jangan takut membiarkan anak-anak mencoba hal-hal baru, meskipun mungkin gagal.

C. Berikan mereka kesempatan untuk berkolaborasi. Dorong anak-anak untuk bekerja bersama orang lain, dan bantu mereka bagaimana mengatasi konflik dan bekerja secara efektif sebagai tim.

D. Bantu mereka menemukan minat mereka, apa yang mereka suka (passionate). tanyakan apa yang mereka ingin lakukan, kenapa mereka suka hal tersebut, dan bantu mereka menemukan cara untuk mengejar hobi tersebut.

E. Ciptakan lingkungan yang mendukung. Beri tahu anak-anak bahwa Orang Tua percaya pada mereka, dan bahwa siap untuk untuk memberikan support kepada mereka. 

.

Kembali ke judul, lalu apa aset terbaik yang bisa diberikan untuk anak  : 

✅️ Aset ilmu & pendidikan

✅️ Aset adab dan akhlak

✅️ Aset kenangan indah 

.

Dapatkan inspirasi lainnya : https://chat.whatsapp.com/G6pis5PQQkrDcmQ29vZBNy


🥰 Yuk join komunitas produktif dan supportif : https://bit.ly/3Yfp1dd

Simple man, High Attitude