Ritual Pagi Hari dan Ubah Hidup-Mu!

Banyak teori tentang memiliki kebiasaan pagi hari itu bisa mengubah hidup bagai bumi dan langit.

tapi kebiasaan seperti apa di pagi hari kamu saat ini?

Bangun, lalu....

Pegang hape? Cek whatsapp

Ke kamar mandi, buang air kecil?

Atau bangun, lalu tarik selimut lagi?

.

Nah, kita coba pelajari apa sih habit baru yang bisa kita ubah dan memiliki kebiasaan baru yang lebih baik lagi....

Coba saja bikin tantangan 5 hari menjalani 1 dari kebiasaan di bawah ini:

Yuk pilih satu saja.

Ya satu saja :


1. Bangun Lebih Awal

Bangunlah 1 jam lebih awal dari biasanya. Gunakan waktu ini untuk diri sendiri, atau istilahnya self care. Kamu bisa pakai untuk berdoa, sholat, tafakkur, meditasi, berolahraga, membaca, atau menulis jurnal.


2. Menikmati Keheningan

Luangkan waktu beberapa menit untuk tidak melakukan apapun dipagi hari. Hening total. Coba bantu diri sendiri untuk membersihkan pikiran dan fokus pada tujuan hari ini. Biasanya "monkey mind" akan mengajak lompat kesana kemari, lihat saja, dengarkan saja, dan kembali ke kesadaran diri atas pikiran dan perasaan yang dialami. Diam dan renungkan.


3. Afirmasi

Ulang-ulang kata-kata positif untuk diri sendiri. Identitas diri yang ingin dibangun, nilai nilai kebaikan yang diyakini untuk diri sendiri. Afirmasi ini dapat membantu Kamu mengubah pola pikir dan membangun sudut pandang yang positif. Misal : "Saya akan mencapai tujuan saya" atau "Saya layak mendapatkan kesuksesan."



4. Visualisasi

Bayangkan dan gambarkan dalam pikiran Kamu tentang tujuan dan impian, seolah-olah itu semua telah tercapai saat ini. Ini dapat membantu Kamu fokus pada apa yang ingin dicapai dan memotivasi untuk mewujudkannya. Misalnya, Kamu bisa membayangkan diri kamu dalam pekerjaan di perusahaan impian, atau memvisualisasikan diri Kamu sedang umrah di masjidil haram, atau di buku tabungan sudah ada saldo yang selama ini kamu impikan, ataupun telah mencapai tujuan-tujuan lainnya.


5. Olahraga

Kebiasaan ini berupa aktivitas fisik di pagi hari membantu Kamu merasa lebih bertenaga dan fokus sepanjang hari. Misalnya, Kamu bisa jalan di sekitar kompleks, senam dengan menonton youtube, atau mengangkat barbel beberapa reps. 


6. Membaca

Luangkan waktu setiap pagi untuk membaca. Cukup 1 lembar, atau satu paragraf saja dapat membantu Kamu belajar hal-hal baru, memperluas pengetahuan, dan merangsang pikiran baru. Misalnya, Kamu sedang tertarik tentang bisnis, tentang investasi, atau membaca buku tentang pengembangan diri, biografi seseorang yang kamu kagumi, atau sekedar komik atau novel untuk kesenangan.


7. Bonus : Lakukan kebaikan kecil, rayakan small win!

Selalu syukuri hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan.

Misalnya :

- Melipat selimut dan merapikan tempat tidur

- Mandi subuh

- Sholat jamaah di masjid

- Dan apapun itu yang selama ini mungkin sudah ada di pikiran tapi belum kamu lakukan.


Selamat mencoba.

Dapatkan inspirasi lainnya : https://chat.whatsapp.com/G6pis5PQQkrDcmQ29vZBNy


🥰 Yuk join komunitas produktif dan supportif : https://bit.ly/3Yfp1dd

Simple man, High Attitude