Apa sih nilai nilai atau keyakinan yang kamu miliki?

Di sebuah sesi belajar bareng suatu komunitas, ada pesan menarik :

Mas Aji, mengungkapkan "Dalam hidup, tugas kita bukan untuk mendapatkan semua yang kita inginkan (goal) tercapai, tetapi sukses itu ketika perilaku (aktivitas) kita selaras dengan value."

Saya mendapatkan insight yang kurang lebih seperti ini :


Nah, di kolom chat ada celetukan, bagaimana kalau seseorang tidak tahu atau tidak memiliki nilai/keyakinan? 

Apa mungkin?

Rasanya tidak mungkin.

Apapun bentuknya, pasti manusia pasti memiliki hal-hal yang kita yakini dan percayai sebagai dasar dari cara berpikir, mengelola perasaan, fisiologis, dan akhirnya keluar menjadi kata-kata serta perilakunya.

.

Saya pun bertanya pada diri sendiri : Apa sih nilai-nilai dan keyakinan yang kamu miliki Nas?

.

Sebelum menjawab apa itu, coba kita gali sejenak untuk mencari dan refleksi diri tentang apa yang benar-benar penting bagi kita. Mari kita mulai dengan :


1. Intropeksi Diri: Luangkan waktu untuk merenung dan mengenali apa yang benar-benar penting dalam hidup Anda. Coba tanya apa yang membuat Kamu bahagia, apa yang memberikan makna, dan apa yang Kamu anggap sebagai prioritas utama dalam hidup.


2. Ingat Kembali Pengalaman Penting: Coba cari suatu kejadian hidup yang membentuk diri kamu, atau merubah diri kamu cukup signifikan. Bisa berupa momen yang paling berkesan dan berarti bagi Kamu. Apa yang membuat Kamu merasa bermakna, bangga, atau terinspirasi? 

Pengalaman tersebut dapat memberikan petunjuk tentang nilai-nilai yang mendasari kehidupan Kamu.


3. Pemahaman tentang Keinginan dan Tujuan: Coba buka lagi agenda, rencana, atau life plan yang sudah pernah dibuat dalam hidup dan tujuan jangka panjang yang ingin Kamu capai. Apa yang membuat itu penting bagi Kamu mencapainya? Kenapa itu penting? Apakah itu kebahagiaan, kedamaian, pengembangan diri, hubungan yang kuat, financial, spiritual atau kontribusi pada kehidupan?


4. Identifikasi Nilai Universal Yang Diyakini : Temukan nilai-nilai yang Kamu anggap penting dalam hidup, misal : kejujuran, keadilan, keberanian, rasa syukur, kerjasama, atau kebebasan. Pilih nilai-nilai yang paling relevan dan penting bagi Kamu secara pribadi.


5. Selaraskan nilai tersebut : Lihat apakah kehidupan saat ini telah mencerminkan nilai-nilai yang telah diyakini sebelumnya. Apakah tindakan dan keputusan Kamu sejalan dengan nilai-nilai tersebut? Jika ada ketidakselarasan, coba lihat bagaimana kamu bisa mendekatkan hidup dengan nilai-nilai yang Kamu pilih.


6. Membuat Prioritas: Setelah mulai menemukan nilai-nilai kehidupan, buatlah prioritas berdasarkan nilai-nilai tersebut. Mengetahui nilai-nilai yang paling penting bagi diri kamu sendiri akan membantu mengambil keputusan dan mengarahkan kehidupan yang sesuai dengan tujuan yang Kamu tetapkan.


7. Perbarui dan Refleksikan: Dengan berjalannya waktu, ilmu yang kamu kuasai, pengalaman yang kamu jalani, nilai-nilai kehidupan dapat berubah. Jadi, perbarui dan refleksikan nilai-nilai secara rutin. Misalkan setiap tahun sekali. Pastikan nilai-nilai yang kamu pilih masih relevan dan mendukung pertumbuhan dan kebahagiaan diri Kamu sendiri.


Ingalah untuk bersedia mendengarkan diri sendiri dengan jujur dan terbuka. Setiap individu memiliki nilai-nilai yang unik, jadi cari apa yang benar-benar berarti dan bermakna bagi hidup Kamu.

.

PS. Belajar dan sharing bareng di ðŸ˜Ž group whatsapp.

.

Selamat Mengexplorasi Diri dan Cek -> .....

https://www.instagram.com/annasahmads/

https://www.tiktok.com/@annasahmads

Simple man, High Attitude