Apa itu Stealth Wealth?

Jika Kamu diminta memilih, suka yang mana?

Pura-pura kaya atau pura-pura miskin?

.

Dunia social media itu penuh tipu-tipu. Kekayaan, barang mewah, dan semua itu memang sangat menggiurkan dan menghasilkan banyak perhatian.

Tapi dalam kenyataannya, orang yang benar-benar kaya, malah tidak mau untuk menunjukkan kekayaan yang dimilikinya secara publik. Bahasa kerennya : "stealth wealth".

.

"Stealth wealth" adalah cara seseorang menyembunyikan kekayaan sehingga tidak nampak oleh orang lain, termasuk teman, keluarga, dan rekan kerja. Cara ini dilakukan karena privacy ataupun ingin bebas menjalani gaya hidup yang di inginkan, tanpa harus terlihat kaya di mata orang lain.

.



Dalam kata lain, dia memilih tidak menampakkan kekayaan atau keberhasilan finansial yang dimilikinya.

.

Apa alasan melakukan itu? yuk kita bahas.

1. Orang kaya mencari hubungan yang lebih tulus.

Ketika seseorang memiliki kekayaan atau kekuasaan, cukup sulit meyakini apakah seseorang itu tulus atau hanya mau memanfaatkan saja. Misalnya ketika pacaran, atau pernikahan misalnya. Hal ini menjadi isu yang perlu dipertimbangkan dengan matang.

2. Menghindari gangguan orang lain demi uang.

Ketika orang tahu kamu memiliki uang, akan besar mereka akan mengkontak untuk mencari utangan, atau peluang bisnis, atau apapun itu. 

3. Orang lain akan mengandalkan kamu untuk membayar.

Misalkan dalam suatu acara, atau makan-makan, atau travelling, akan ada orang yang meminta kamu menjadi bandar untuk membayar semua tagihan. Tentu ini bukan dalam konteks memang Kamu berniat untuk mentraktir itu semua lho ya....

Ingatlah rumus ini: 

Kebahagiaan = Harapan - Kenyataan. 

Jika orang selalu mengharapkan "sesuatu" dari Kamu karena kekayaan, bisa jadi orang akan kecewa ketika suatu saat kamu tidak memenuhi harapan mereka.


4. Kecil kemungkinan kamu terlihat "pelit".

Orang yang cerdas financial, cenderung lebih hemat dan menginvestasikan uang mereka. Orang yang kurang kaya cenderung boros dan mengeluarkan uang berlebihan untuk gengsi dan hal-hal yang tidak terlalu penting.


5. Lebih sedikit kemungkinan Kamu akan ditipu.

Ketika kita tampil sederhana, aksesoris yang biasa-biasa saja, kita tidak akan menjadi perhatian dari orang yang ingin menipu atau berbuat jahat. 


PS. Beberapa catatan artikel ini terinspirasi dari blog financialsamurai.com

PSS. Belajar dan sharing bareng di ðŸ˜Ž group whatsapp.

Simple man, High Attitude