7 Habit, Buku Fenomenal

Buku yang banyak menjadi referensi di masa itu adalah "The 7 Habits of Highly Effective People" karya Stephen R. Covey.

.

Materinya membuat kita lebih cerdas dalam berpikir dan berperilaku menjadi pribadi yang lebih efektif dan lebih baik.

Ada 10 pelajaran yang didapat disana : 

.

1. Bersikap proaktif. Hindari bersikap reaktif (terlalu cepat mengambil tindakan) terhadap kejadian disekitar kita. Berhentilah sejenak (3-5 detik) ketika mendapat informasi, melihat sesuatu, sadari sebelum mengambil respon dan ambil kendali atas kehidupan Anda sendiri.

2. Mulailah dengan tujuan akhir. Miliki suatu goal, misi atau visi yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai dalam hidup dan mulailah langkah-langkah kecil untuk mencapainya.

3. Buat prioritas. Utamakan yang paling penting. Fokus saja pada hal-hal yang paling penting dalam hidup Anda dan jangan terjebak oleh godaan gosip receh atau distraksi yang tidak bermanfaat.

4. Berpikir menang-menang. Dalam bekerjasama, berkolaborasi dengan orang lain, cari pilihan yang saling menguntungkan dan solutif. Hindari mau menang sendiri dan egois

5. Dahulukan untuk memahami maksud orang lain, baru Anda akan dipahami. Coba dengarkan orang lain dengan niat untuk memahami sudut pandang mereka, sebelum mencoba untuk menyampaikan pendapat Anda.

6. Bersinergi. Dengan kita bekerja sama, maka dampak yang bisa kita buat akan lebih besar dan lebih hebat lagi. 

7. Asah gergaji. Selalu belajar meningkatkan diri. Jaga kesehatan secara fisik, mental, dan emosional agar Anda dapat berada pada kondisi yang terbaik.

8. Jadilah orang fasilitator saat bernegoisasi, carilah solusi yang memberikan manfaat untuk semua pihak, dan berempati untuk bisa menerima kesepakatan tersebut.

9. Bangun networking yang sehat. Investasikan waktu Anda dengan orang lain. Temui dan bicara dengan orang-orang yang positif, yang lebih sehat, yang lebih sholeh, yang lebih berpengalaman, dan berilah kontribusi dalam komunitas tersebut. 

10. Jadilah pembelajar seumur hidup. Jangan pernah berhenti belajar dan mencari pengalaman baru sehingga Anda dapat terus menemukan ilmu-ilmu baru dalam hidup.




Tentu banyak hal lain yang bisa didapat dari buku "The 7 Habits of Highly Effective People." Semoga bermanfaat 


Dapatkan inspirasi lainnya : https://chat.whatsapp.com/G6pis5PQQkrDcmQ29vZBNy


🥰 Yuk join komunitas produktif dan supportif : https://bit.ly/3Yfp1dd

Simple man, High Attitude