Membuat Rencana Mingguan

Wah hari ini senin ya...???

Bagusnya sih tulisan ini di post pada hari jumat/sabtu/ahad.

tapi wes kadung, dari pada lupa, yo gak po po....


Sekitar 2 minggu yang lalu, selintas saya sempat nonton di youtube tentang 1 hal yang bisa merubah hidup, bisnis, hubungan, kesehatan, dan banyak hal dalam kehidupan. 

Apa itu? ya... Membuat Rencana Pekanan.


simple, dan bisa jadi banyak yang menganggap sepele.

Setelah beberapa minggu kemudia, saya mulai mengamati bahwa dalam kehidupan kita akan mudah terdistraksi, merasa kehilangan arah atau terjebak dalam rutinitas yang monoton.

Saya terus belajar dan mencari untuk lebih produktif, tetapi itu semua bukanlah hal yang mudah. Rasa malas, banyak keinginan tetapi hanya di angan-angan, terlalu banyak pertimbangan dan ingin sempurna, atau akhirnya sibuk utak-utik cari buku, cari materi, tetapi LUPA untuk TAKE ACTION!

.

Akhirnya suatu titik merasa hidup tidak efisien dan tidak bergerak maju.

Hari ini saya caba evaluasi, dan bisa jadi memang selama ini saya belum menganggap penting membuat rencana mingguan.

Saya coba gali beberapa insight dari beberapa referensi tentang produktivitas : 

1. Membuat rencana mingguan adalah kunci sederhana untuk mengoptimalkan kehidupan kita dan mencapai tujuan yang lebih besar.


2. Pentingnya fokus pada hal-hal yang paling penting. 

Ini mungkin bisa kita lakukan dengan menuliskan semua kegiatan kita di minggu lalu, atau ditambahkan dengan rencana yang akan kita lakukan dalam suatu daftar. Mungkin masih dalam pikiran atau angan-angan. Tuliskan saja semua.

Lalu mulailah membuat "Pareto", artinya dengan memilih 20% kegiatan yang berpeluang memberikan 80% hasil yang kita capai.

Dengan memahami prinsip ini, kita dapat mengidentifikasi kegiatan mana yang memberikan dampak terbesar dan memprioritaskannya dalam rencana mingguan kita. 

Sadari bahwa energi kita, waktu kita, sumber daya kita terbatas.


3. Hindari over-scheduling atau menjadwalkan terlalu banyak kegiatan dalam satu waktu. 

Ada konsep "less is more", dengan memberikan waktu yang cukup untuk istirahat akan meningkatkan produktivitas dan kreativitas. 

Jadi pastikan kita memiliki waktu yang cukup untuk bersantai, berolahraga, dan menjalani hobi atau kegiatan yang kita suka. Jaga keseimbangan antara kerja dan waktu pribadi, sehingga kita terhindar dari kejenuhan dan kelelahan yang berpotensi mengganggu performa kita.


4. Manfaatkan teknologi dalam pembuatan rencana mingguan. 

Pakai buku, agenda, atau aplikasi yang dapat membantu kita mengelola waktu dan tugas. 

Misal gunakan notepad, google keep, google calendar, dll untuk mencatat dan mengatur kegiatan kita. Cari yang paling sederhana, sehingga kita mudah memantau jadwal, membuat reminder, dan melalukan evaluasi maupun progress terhadap tujuan yang telah ditetapkan.


5. Fleksibilitas dalam rencana mingguan. 

Memiliki rencana yang terstruktur sangat penting, kita juga perlu menyadari bahwa kehidupan seringkali tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu, kita perlu bersiap untuk menyesuaikan rencana kita jika ada perubahan atau kejadian tak terduga. 

Mulai saja dari hal-hal yang mudah agar kegiatan planning mingguan ini menyenangkan. Lakukan sambil minum kopi, mendengarkan musik, atau diskusi dengan teman yang satu frekuensi.

Fleksibilitas ini memungkinkan kita untuk mengatasi tantangan dan terus melangkah maju menuju tujuan kita.

.

Lalu mulainya dari mana ?

Ya, seperti diatas. Tulis aja semuanya, dan mulai buat Bullet Journal.

Kalau kamu sudah bisa konsisten dalam min 21 hari, bisa coba juga model agenda seperti :



Ok, Semoga tulisan ini bisa mengingatkan terutama diri saya sendiri dalam membuat rencana mingguan, sadar ini adalah langkah penting untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup kita. 

Semoga kita semua dapat meraih kesuksesan yang lebih besar dan hidup dengan lebih terorganisir, fokus, dan bahagia. Aminnnnn....

.

Dapatkan 50 Prompt AI di : https://nas.io/kepo-ai-club

Simple man, High Attitude