Jurus Bisnis di Awal Tahun : Riset

Kunci penting bagi bisnis apapun adalah riset dan data.

Apalagi buat bisnis pemula yang terbatas uangnya, terbatas sumber dayanya, apa yang bisa dilakukan?

.

Yuk kita explore beberapa peluang ini :

1. Gunakan teknologi dan internet dengan maksimal. 

Media sosial bisa menjadi kekuatan penting bagi startup untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan. Apalagi bisnis yang masih dikelola langsung oleh pemiliknya bisa jadi memiliki pemahaman yang kuat atas produknya.

Dapatkan juga informasi tentang pasar dan mendapatkan feedback dari pelanggan tentang produk atau kompetitor di ceruk tersebut. 

.

2. Jangan takut untuk bertanya langsung kepada pelanggan. 

Lakukan suatu survei sederhana atau diskusi langsung langsung dengan target prospek. Bisa jadi ini cara terbaik untuk mengetahui kebutuhan maupun preferensi pelanggan. Survei ini dapat dibagikan secara online atau dibagikan kepada pelanggan secara langsung.

Salah satu jenis survey yang cukup powerful adalah dengan menggunakan Net Promoter Score, untuk melihat bagaimana produk Anda sudah memuaskan pelanggan atau belum.

.

3. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain. 

Kolaborasi dengan bisnis lain yang memiliki target pasar yang sama dengan akan mempercepat pertukaran informasi dengan akurat. Coba gabung juga dengan asosiasi-asosiasi. Cara ini relatif hemat dan bisa mendapatkan insight baru dalam industri terkini. 

.

4. Baca riset dan data.

Jangan membuang waktu dan uang dengan melakukan riset pasar dari nol, carilah laporan pasar atau statistik industri yang sudah ada dan gunakan sebagai dasar untuk mengembangkan bisnismu.

.

5. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru. 

Riset pasar adalah bagian penting dari proses bisnis, jadi jangan takut untuk mencoba cara baru dari insight yang didapatkan. Alokasikan uang dari profit yang didapat untuk melakukan test pasar.

Misal : 

2 juta untuk launching produk baru

3 juta untuk cara marketing melalui channel baru (dengan iklan)

3 juta untuk hire freelancer untuk menjalankan program

Selanjutkan berikan waktu 1-2 bulan untuk melihat hasilnya.

.

Tulisan ini bermanfaat? Join via whatsapp :


. .
Simple man, High Attitude