Pelajaran investasi akhir tahun 2022

Saya juga baru tahu buku yang terbit tahun 2013 ini dari youtube Felicia Putri. Ditulis oleh Jim Rogers, judulnya Street Smarts: Adventures on the Road and in the Markets.

Rasanya kok pas juga, sekalian evaluasi perjalanan bisnis dan investasi 2022 sekaligus persiapan yang katanya tahun 2023 bakal resesi.

.

Yuk kita bahas 9 insight yang bisa kita pelajari dari buku Street Smart :

1. Beliau melihat pergeseran "peradaban" dan ekonomi dunia. Abad ke-19 adalah miliknya eropa. Pusatnya di London. Abad ke-20, masanya US, pindahlah ke New York. Dan masa kini, di awal abad ke-21, temukanlah di Asia.

2. Di pasar modal apapun di seluruh dunia akan terus naik. Dan pada suatu masa kenaikan itu sudah tidak lagi masuk akal, menggelembung dan akhirnya pecah. Tetapi itu akan berualng beberapa tahun lagi ke depan. 

3. Kehilangan, kerugian adalah hal baik. Paling tidak terjadi satu kali atau dua kali dalam hidup. Tapi baiknya lakukan ketika kamu masih mudah. Lakukan di awal, jangan di akhir. Kegagalan akan mengajarkan kamu tentang betapa banyak hal yang tidak kamu ketahui.

4. Cara menjadi investor / pebisnis yang sukses adalah dengan berinvestasi hanya pada apa yang Kamu kuasai. Kamu tahu ilmunya. Apapun itu : fashion, pertanian, retail, otomotif, kesehatan,....  Perhatikan kehidupan kamu sendiri setiap hari. Konsentrasilah pada apa yang kamu ketahui. Kamu akan lebih bisa melihat perubahan yang terjadi dibandingkan orang lain. 

5. Sebagian besar investor sukses tidak melakukan apa-apa sepanjang waktu. Jangan bingung antara gerakan dengan tindakan. Orang hebat tahu kapan harus duduk dan menunggu.



6. Jika kamu diberi tahu bahwa kamu hanya memiliki 25 kesempatan dalam investasi seumur hidup, bisa jadi kamu akan berhati-hati dalam berinvestasi. Berinvestasi itu sangat jarang waktunya!

7. Jika kamu ingin menghasilkan banyak uang, hindari diversifikasi berlebihan. Kenali kategori yang benar-benar kamu pahami. Cara menjadi kaya adalah menemukan apa yang baik, fokus, dan mencurahkan sumber daya di sana.

8. Saat ini US adalah ibu kota ekonomi dari negara pengutang terbesar di dunia, negara pengutang terbesar dalam sejarah dunia. Sedangkan negara pemberi hutang terbesar di dunia ada di Asia. Di situlah aset berada. Di sana dinamisme dan energi berada.

9. Temukan "emas" di Asia, seperti Korea dan Myanmar. Perubahan besar di kedua negara ini adalah salah satu hal paling menarik untuk masa depan. Pemikiran lain yang menarik berikutnya adalah pariwisata Tiongkok. Orang Cina tidak bisa bepergian selama beberapa dekade, dan sekarang mereka sudah lebih bebas. 

.

.

Jika tertarik mengexplorasi lebih banyak, baca saja bukunya langsung, dan temukan insight berharga disana.

.

Oh ya... barusan saya juga melaunching template Notion untuk mengevaluasi diri kita tahun 2022.

Cek : Wheel of Life disini

Simple man, High Attitude