Menjemput Kesuksesan

Menurut kamu, sukses itu ditunggu atau dijemput?

Kalau menurut saya bisa saja keduanya.

Misal kita lapar, eh tiba-tiba ada yang nelpon ngajak makan bareng.

Misal lagi di jalan mau ke masjid, tiba tiba ada yang nyamperin ngajak bareng.

dan masih banyak contoh lainnya.

Tapi....

.

Tentu sunnatullahnya ya kita berusaha. Malu sama Allah yang sudah memberikan kita berbagai nikmat dan sumber daya kok males-malesan, kok cuma berharap kasihan saja....

.

Sukses juga perlu dijemput.



Bagaimana caranya?

1. Tentukan Tujuan Dengan Jelas. 

Apa yang ingin Kamu capai dalam hidup? Apakah itu karier yang sukses, kekayaan finansial, atau kebahagiaan pribadi? Tentukan tujuan Kamu dengan jelas sehingga Kamu dapat memfokuskan usaha untuk mencapainya.

2. Buat Rencana Aksi

Setelah tahu apa dan kemana tujuan kamu, buatlah rincian rencana yang detail untuk mencapainya. Isinya bisa apa aktivitas yang harus Kamu lakukan, kapan, dimana, bersama siapa. Tentukan juga cara Kamu mengetahui dan mengukur kemajuan itu.

3. Belajar dan Bertumbuh. 

Jangan takut untuk terus belajar. Sekarang ilmu tersedia sangat berlimpah. Cari peluang untuk meningkatkan kemampuan dan skill yang mendukung tujuan Kamu. Jangan takut gagal, karena ketika gagal kamu bisa belajar banyak hal baru.

4. Bekerja keras 

Menjadi sukses itu perlu perjuangan. Kamu perlu fokus, mencurahkan sumber daya yang kamu miliki : waktu, tenaga, uang, ego, dan hal-hal lain untuk mencapai tujuan. Jangan takut untuk mengambil risiko dan kerja ekstra keras jika diperlukan.

5. Bersikap positif

Jangan menyerah pada masalah maupun kesulitan yang kamu hadapi. Ditolak, dicemooh, diremehkan adalah peluang Kamu untuk mau belajar lebih banyak dan mencoba lebih keras lagi. Jadikan kesulitan itu sebagai energi dan memicu semangat kamu. 

6. Jaga hubungan baik dengan orang lain

Sukses tidak hanya ditentukan oleh kemampuan Kamu sendiri, tapi juga oleh hubungan yang Kamu miliki dengan orang lain. Jaga hubungan baik dengan orang di sekitarmu dan cobalah untuk membantu orang lain jika mereka membutuhkan bantuan.

Carilah mentor dan guru yang bisa kamu bantu terlebih dahulu.

7. Selalu berdoa dan bersyukur

Sadari, bahwa ada hal diluar diri kita yang berperan penting terhadap kesuksesan kita. Selalu berdoa sebelum beraktivitas dan meminta diberikan petunjuk. Kegagalan tidak akan menghinakan diri kita, kesuksesan tidak melenakan diri kita. Selalu bersyukur atas hasil yang didapat, karena rencana Allah pasti lebih baik.


Mulailah dengan membuat refleksi perjalanan 2022 den depatkan  pertanyaan "coaching" yang membantu kita mendapatkan insight berharga.

.

Cek -> Wheel Of Life Template

.

selamat mencoba.

Teruslah berusaha dan terus memperbaiki diri. 

Go Go Go!

Simple man, High Attitude