3 Manfaat bersyukur yang banyak tidak diketahui

Kita semua percaya bahwa syukur itu banyak sekali manfaatnya.

Coba sebutin yuk.....

.

udah ketemu?

Kalau belum tidak apa-apa kok, ini ada penelitian dari Journal of Personality and Social Psychology yang mengexplorasi manfaat dari bersyukur :

.

Yang pertama : Orang yang bersyukur, akan lebih sehat dan tidak mudah sakit. Dari riset diatas, sistem  imunitas orang yang bersyukur cenderung lebih tinggi dan sedikit merasakan rasa sakit dan nyeri. Tekanan darah juga lebih rendah dan lebih sering berolahraga. Orang bersyukur akan menjaga kesehatan dengan lebih baik, tidur lebih berkualitas, dan merasa lebih segar saat bangun tidur.

.

Yang kedua : Rasa syukur menarik emosi yang lebih positif. Orang yang bersyukur akan mengalami lebih banyak kebahagiaan, kegembiraan, dan kesenangan setiap hari. Mereka bahkan merasa lebih damai dan energik

.

Yang ketiga : Syukur meningkatkan hubungan sosial dengan orang lain. Orang yang bersyukur lebih mau memaafkan orang lain. Banyak orang terjebak pada suatu masalah karena sulit memaafkan. Rasa syukur juga membuat lebih terbuka dan memiliki hubungan pertemanan yang lebih baik. Perasaan ini juga memudahkan seseorang untuk mau membantu orang lain, murah hati dan penuh kasih sayang.

.



.

Oh ya, lalu bagaimana cara bersyukur? 

ini tipsnya :

1. Tuliskan dalam jurnal syukur. 

2. Ceritakan pada orang lain tentang hal apa yang kamu syukuri, atau ceritakan pada diri sendiri.

3. Tanya orang lain, apa yang dia syukuri hari ini. 

4. Latihlah dan lakukan tiap hari


Yuk explorasi pengalaman tahun ini dengan bantuan buku jurnal ini.

Postingan Populer