Mas, ini ada peluang bisnis bagus....

Tiba-tiba whatsapp pagi itu dapet pesan dari no yang tidak di kenal :

Assalamualaikum, bagaimana kabarnya

"waalaikumsalam, baik"

bagaimana kabarnya?

bagaimana bisnis?

sekarang bisnis seret, investasi beresiko, dll....

tapi ada peluangnya, cuma 50rb / 100rb aja kok

----- dilanjutkan basa-basi lainnya -----

.



Ujungnya adalah menawarkan "bisnis" atau "investasi" yang sedang populer :

misal produk blockchain, teknologi terkini, emas digital, robot, AI, dan pakai istilah istilah yang rumit dan nampaknya hebat.

Rata-rata memang mereka menggunakan istilah yang tidak jelas, karena memang target pasarnya adalah orang-orang yang "malas" membaca dan belajar, tetapi berharap untuk mendapat uang cepat dan mudah, tanpa kerja.

Kalau udah seperti ini, jika kamu orang yang tidak enakan, segera hentikan chat atau block aja.

.

Rata-rata yang ditawarkan ujung akhirnya adalah money game.

Jadi memutar uang, investor lama dibayar oleh investor baru.

Istilah lainnya bisa skema ponzi (piramida) walau kadang tidak murni piramida ya.... (itu cuma modus saja sih)

.

Satu hal yang suka dipermainkan oleh yang menawarkan produk seperti ini adalah FOMO.

Fear Of Missing Out

Ketakukan akan kehilangan peluang.

Ini kesempatan awal lho, sebentar lagi bakal booming, jangan ketinggalan, dan istilah-2 yang membuat kita tidak bisa berpikir jernih. Logika pun sudah tertutup oleh emosi ketakutan dan keserakahan.

.

Kapan kamu pertama kenal money game?

Dulu saya mulai mengetahui model seperti itu ketika kuliah di tahun 2000.

Namanya e-gold.

Jadi e-gold itu seperti mata uang digital, dan banyak sekali programmer atau orang-orang yang membuat skema atau program money game. Misal setiap hari bisa dapat bunga 30%, kalau ajak orang dapat bonus 50%, dan berbagai variasi lainnya.

Intinya kembali lagi : tidak ada produk yang berarti, lalu investor lama akan membayar investor baru.

.

Semakin kesini, semakin canggih. Bahkan umroh dan "agama" juga digunakan sebagai kedok money game.

hati-hati....

.

Kamu sudah mengumpulkan uang itu dengan kerja keras, bertahun-tahun, dan bisa hilang dalam waktu yang sangat singkat. Padahal ada keluarga yang harus kamu beri nafkah, anak yang harus sekolah, dan kebutuhan dasar lainnya.

.

Bagaimana pola umum dan ciri-ciri money game :

1. Penjual tidak mau terbuka dan menjelaskan langsung apa produknya. Biasanya suka agak mbulet dan cuma menceritakan hasilnya, screenshot penghasilan, pamer beli produk mahal, dan hal-hal yang bersifat iming-iming dan penasaran.

2. Mereka akan ajak ketemuan atau zoom meeting, dan disana sebenarnya permainan "psikologis" dimana merena bisa mendapat 1 poin. Kita datang dan mengikuti 1 Yes. Sampai disini masih normal aja, karena bisnis apapun tentu prinsipnya saling percaya.

3. Datanglah dengan skeptis yang tinggi, dan coba tanya tentang legalitas, tanyakan apakah paham tentang money game, bagaimana dengan resiko bisnisnya.

4. Coba bandingkan dengan bisnis konvensional atau invetasi yang sudah diperkenalkan institusi resmi. Ingat, sekali uang sudah keluar kantong, bisa jadi kamu mendapat keuntungan, lalu menjadi serakah, nambah lagi, dan kehilangan semua uang yang disetorkan.

5. Bombastis. Baik dari produknya, katanya masa depan, tidak jelas, kamu tidak perlu produk itu, tetapi bisa menghasilkan keuntungan sangat tinggi. 50%, 100%, 200%, bisa sampai 1000% janjinya. Iya, janji saja yaaaa....

6. Biasanya untuk meningkatkan kredibilitas, dia mengajak orang yang level lebih tinggi. Ini teknik meningkatkan otoritas, dan cenderung "mengintimidasi" kita. Lalu menunjukkan hasil-hasilnya (entah palsu atau asli) dan tidak menjelaskan resiko dengan jelas, dan menunggu sinyal Ya dari kita.

7. Mereka akan presentasi dengan konsep bisnis atau investasi yang kadang tidak jelas, rahasia, dan rumit. Bisa jadi memang kamu dibuat tidak paham, sehingga pasrah dan cuma mengatakan yang penting hasilnya aja. Di momen itu kamu sudah tidak lagi proses, cuma berharap dapat keuntungan saja.

8. Secara mendasar adalah bagaimana orang baru bisa terus di prospek, di presentasi, dan join di program ini, agar selalu ada "uang" (korban) baru untuk membayar orang-orang yang sudah ada dalam game tersebut.


Nah, sudah pernah terjebak di pola money game?

sharing pengalamannya dong....


Postingan Populer