Bagaimana cara mengatasi stress?

Ini beberapa tips yang bisa kamu coba :


1. Matikan handphone dan hindari social media

Kamu bisa bebas ngapain aja, rebahan, baca buku, ngobrol, jalan kaki, menulis, menggambar, masak, atau apapun aja asalkan hindari ngelihat handphone!


2. Pikirkan pengalaman masa lalu yang baik, dan hal-hal yang positif. 

Aktivitas ini makin mantap jika sambil mendengarkan musik yang tenang atau suara alam. Kalau bisa kamu buat semacam jurnal syukur akan lebih bagus.


3. Meditasi. duduk, atur nafas dengan tenang. 

Mulai dengan berdoa, lalu lanjutkan 3 hal ini : 

- rasakan rasa cinta dan kasih sayang. Dari Yang Maha Kuasa, dari orang tua, dan dari siapapun di dunia ini pada diri kita. Rasakan cinta dan kasih sayang itu masuk ke dalam diri kita, dan terpancarkan dari diri kita ke seluruh jiwa-jiwa yang ada disekitar kita.

- cari hal-hal yang bisa syukuri. tentang kehidupan kita, tentang pekerjaan kita, tentang lingkungan kita, dan syukuri apa yang ada dalam diri kita sendiri. Apapun itu.

- maafkan. Jika ada emosi yang terhalang atas suatu kejadian atau tentang seseorang. Maafkanlah. Hadirkan rasa marah itu, kendalikan, lalu lepaskanlah.



4. Jalan kaki di alam atau olahraga.

Carilah tempat dimana kamu bisa melihat banyak daun-daun yang hijau. Bisa di taman, atau kamu bisa sejenak pergi ke bukit, gunung, atau pantai. Cukup jalan kaki 1-2 jam saja. Lihat hal-hal baru yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Lepaskan semua perasaan yang sok tahu, menghakimi, atau rasa sinis. Penuhi pikiran dengan pertanyaan sederhana seperti anak kecil


Punya ide apa lagi?

silahkan tulis di komen... 

Postingan Populer