Apakah makin banyak goal makin bagus?

Di beberapa tulisan, buku, seminar, dll ada yang membagi kategori kehidupan itu mulai dari 12, 10, 9, 6, dan yang paling sedikit 3.

Apakah makin banyak goal makin bagus?

Baca dulu deh artikelnya.....

.
.


sebenarnya buat saya, lebih sedikit itu lebih baik.
Iya, cukup dibagi 3 kategori saja : Energy, Love, Work.

Kalau bahasa mudahnya sih : Kesehatan, hubungan, pekerjaan.



Tapi jika mau di explore lebih luas lagi, kita akan buat jadi 12 kategori.
Yuk di cussss....

1. Health and fitness

Apakah kamu ingin menurunkan berat badan? Perasaan apa yang selama ini kamu inginkan? Keluhan rasa sakit apa yang ingin tidak lagi kamu rasakan? Atau kamu ingin menyelesaikan lari marathon pertama-mu?

2. Intellectual life 

Buku apa yang kamu harus baca tahun ini? Berapa buku yang kamu mau selesaikan? Seminar apa yang ingin kamu datangi? Skill apa yang ingin kamu kuasai sehingga hidup mu makin berkualitas? 

3. Emotional life 

Dimana level energi dan kebahagiaan yang kamu idamkan? Bagaimana perasaan yang kamu harapkan dalam suatu hari? 

4. Character 

Nilai-nilai apa yang kamu ingin miliki dalam diri? Sikap seperti apa yang kamu inginkan? Bagaimana tingkat integritas diri yang ingin kamu jalankan sehari hari? 

5. Spiritual life

Bagaimana ibadah yang seharusnya kamu lakukan dan dijaga setiap hari? setiap minggu setiap tahun? Seberapa sering meluangkan waktu untuk berdoa dan mensyukuri apa yang telah kamu dapatkan? Bagaimana semangat itu bisa menggerakkan diri mu untuk membantu sesama dalam kemanusiaan?

 

6. Love relationships

Dengan siapa kamu ingin hidup bersama? Seperti apa pasangan idaman mu? Tipe kehidupan seperti apa yang kamu ingin bangun bersama? Dimana tempat yang paling nyaman bagi mu untuk hidup? Bagaimana juga hubungan terbaik yang bisa kamu buat bersama orang tua dan keluarga dekat mu? 

 

7. Parenting vision

Bagaimana kamu menjadi orang tua bagi anak-anak mu? Nilai nilai seperti apa yang ingin kamu kenalkan kepada mereka? Berapa banyak waktu yang ingin kamu berikan komitmen untuk menemani mereka setiap hari atau setiap minggu?

.
.
.



Lanjut....



.
.
.

8. Social life

Tipe persahabatan seperti apa yang ingin kamu bangun? Teman dan sahabat seperti apa yang membuat mu nyaman? Aktivitas seperti apa yang membuatmu selalu bersemangat dan menikmati kehidupan sosial dengan orang lain? 

 

9. Financial life

Berapa banyak uang yang ingin kamu hasilkan? Berapa tabungan yang mau kamu kumpulkan? Bagaimana cara agar keuanganmu berjalan sesuai harapan?

 

10. Career

Posisi apa yang ingin kamu capai tahun depan? Skill dan kemampuan apa yang kamu perlukan untuk mencapai titik itu? Jenis pekerjaan seperti apa yang membuat kamu menikmati sebuah pekerjaan? Dimana tempat kamu ingin bekerja dan memberikan usaha dan dedikasi yang terbaik? 

 

11. Quality of life

Dimana kamu ingin tinggal? Rumah seperti apa yang kamu inginkan? Bagaimana kondisi lingkungannya? Kendaraan apa yang ingin kamu pakai? Kemana kamu ingin travelling dan jalan-jalan? Bagaimana kehidupan sehari-hari yang kamu inginkan? 

 

12. Life vision

Apa yang kamu lihat kontribusi terbesar untuk dirimu, untuk komunitasmu, untuk negaramu, bahkan persembahan kepada Allah sebelum kamu kembali padanya.....


Hahaha....

banyak juga ya....

Tapi buat kamu yang simple, sebenarnya cukup 3 hal aja.
Energy, Work Love.

Energi : hal hal terkait kesehatan fisik, mental, dan spiritual
Work : terkait karir, bisnis, keuangan
Love : terkait hubungan, keluarga, sosial

Silahkan tuliskan...

.
.
.

Kalau ditanya ulang, apakah makin banyak goal makin bagus?
Jawabnya tentu terserah pribadi masing-masing.
Ada yang suka banyak, detail dan terinci
Ada yang suka simple, 1,2,3
semuanya baik.

Sejauh kamu happy, dan kamu bisa membayangkan dengan detail, crystal clear apa goal kamu.

Semoga mengharukan....


Postingan Populer