Apa perlu menemukan passion? Bagaimana caranya?

Jika kamu belum punya penghasilan apapun, jangan mikir dulu tentang passion.

Cari saja kerja apapun sampai ada yang mau membayar atas pekerjaan yang kamu lakukan.

.

.

Hingga suatu saat, kamu sudah berpenghasilan, maka mulailah untuk mengenal diri lebih dalam lagi. 

Ingat, belum tentu passion itu membayar makan yang kamu perlukan setiap hari. Belum tentu passion kamu itu bisa menggantikan baju dan tempat tinggal yang kamu butuhkan. So selesaikan dulu tugas pertama-mu

.

Passion itu sesuatu yang kamu senangi. Sesuatu yang bisa kamu kerjakan hingga lupa waktu.

Dan lebih bagus lagi adalah ketika passion kita itu bisa dihargai dengan penghasilan yang bisa membiayai hidup kita dan keluarga kita.

.

Wah, jadi inget lagi konsep IKIGAI....

Keren banget itu, silahkan pelajari di youtube ataupun buku yang bahas tentang ikigai ya...

.

Kita lanjut kan bagaimana kita bisa ketemu dengan passion kita.

Coba cek 10 Hal dibawah ini satu persatu :


#1 what are you good at?

Apa kemampuan / bakat kita? apa sesuatu yang bisa kita gunakan untuk membantu orang lain?kemampuan menulis, memasak,mengajar, berkebun, menggambar, berteman, bermain game, apapun!


#2 what excites you?

Apa aja hal yang kalo teman-teman kerjakan membuat hati berdebar-debar, bersemangat, dan membawa rasa bahagia? apa aja hal yang membuat kita bisa nyediain waktu lebih untuk melakukan hal itu? sampai begadang-begadang atau hari libur pun tetap dilakukan?


#3 what do you read about?

Blog/website apa yang selalu kita buka tiap hari? video youtube apa yang kamu tonton? buku apa yang kamu beli, ebook apa yang kamu download dan membuat kita betah berlama-lama di depan komputer  untuk membaca? seminar / webinar apa yang sering kita ikuti? ayo renungkan lagi apa saja hal-hal yang suka kita pelajari!


#4 what have you secretly dreamed of?

Mungkin kita pernah punya pikiran gila tentang mau jadi apa kita dimasa depan. Impian apa yang ingin kita lakukan suatu saat nanti punya perusahaan sendiri, jadi konsultan, jadi pejabat, apapun!




 #5 learn, ask, take notes

Dari daftar yang sudah kita punya, ambil beberapa hal yang paling membuat kita bahagia dan bersemangat (langkah #2), jadikan list passion kita akan kita pelajari lebih jauh tentang hal itu, cari tahu kemampuan apa yang perlu ditingkatkan dari diri kita, hal-hal baru yang perlu diketahui, dsb.


#6 experiment, try

Cobalah untuk praktek, misalnya mencoba buka bisnis, langsung mencoba membuat sesuatu, langsung gabung di satu kegiatan dan komunitas, dan hal-hal lain yang ada di bagian #5. Lakukan terus menerus, setiap hari. Langkah ini mungkin memakan waktu berbulan-bulan. Tapi yang terpenting, perhatikan bagaimana pikiran dan perasaan kamu ketika mencoba hal itu.


#7 narrow things down

Sederhanakan dan pilih daftar yang lebih sedikit, kita mulai ketemu hal atau kegiatan apa yang membuat kita merasa enjoy. Pilih 3-5 saja, dan terus uji dengan cara-cara diatas untuk bisa menemukan passion terkuat dalam diri kita. 


#8 banish your fear

Inilah hambatan terbesar menemukan passion : rasa takut, takut kehilangan, ragu dengan diri sendiri, takut gagal , malu, minder, gak pede, dan pikiran negatif yang sebenarnya itu belum terjadi! Itu cuma ilusimu sendiri!

Jika itu terjadi, terima saja, lalu :

Tuliskan semua ketakutan itu. Persepsi. Asumsi. Tuliskan semuanya. Rasakan....

Lalu katakan : OK, aku akan menghadapinya

Pikirkan hal terburuk terjadi, lalu siapkan cara agar itu tidak terjadi.

Jangan terlalu banyak berpikir, lakukan saja!


#9 find the time

Kamu merasa tidak punya waktu? sibuk kuliah, kerja, atau kegiatan lain? Ingatlah, menjalankan passion akan mengeluarkan potensi positif dalam hidup kamu saat ini. Pelajari tentang manajemen waktu dan prioritas. 

Coba lakukan kegiatan yang kamu suka di pagi hari setelah bangun tidur, atau larut malam setelah semua kegiatan selesai, atau kamu lakukan di akhir pekan sehingga tetap menemukan waktu luang. 


#10 how to make a living doing it

Setelah menemukan passion, kamu bisa memilih apakah mau mendapatkan uang dari passion itu?

Jika iya, kamu harus menjadi seorang expert atau ahli di bidang tersebut. Perkaya terus dengan ilmu-ilmu terbaru, belajar ke mentor-mentor, ikut kursus / workshop, ikut sertifikasi, dan terus mencari pengalaman dengan praktek langsung. 

Mulai juga bergabung di komunitas yang memiliki minat yang sama, lalu mulailah membangun portofolio dengan memberikan jasa secara gratis atau probono. Bertahap mulailah masuk ke ranah professional, carilah rata-rata harga expert di bidang tersebut, dan kamu bersiap menemukan IKIGAI.


Have fun!

Ngobrol yuk

Simple man, High Attitude