Insight "Principles" dari Ray Dalio

🚀 Recognize that mistakes are good if they result in learning.

Kesalahan itu baik kalau menghasilkan pembelajaran. Banyak orang melakukan kesalahan, mendapatkan kegagalan, tapi memilih untuk menyalahkan orang lain, mencari alasan-alasan, sehingga kesalahan itu tidak memberikan manfaat apa-apa.

Cobalah berhenti sejenak melihat situasi saat ini.

Misal ada anak yang belajar berjalan terus jatuh, coba cari kenapa dia mau mencoba lagi dan lagi.


🚀 Create a culture in which it is okay to fail but unacceptable not to identify, analyze, and learn from mistakes.

Buatlah kebiasaan untuk mengenali, menganalisa, dan belajar dari suatu kejadian. Sadari mana yang fakta (kejadiannya), mana yang opini. Diperlukan keterbukaan diri level tinggi untuk mau menyadari dan mengevaluasi diri dari suatu kegagalan.

Ingat : Pisahkan mana yang fakta, mana yang asumsi.


🚀 Recognize that you will certainly make mistakes and have weaknesses; so will those around you and those who work for you.

Sadari bahwa manusia itu tidak sempurna. Punya kelemahan dan bisa melakukan kesalahan. Orang lain disekitar kita itu hadir untuk mensupport diri kita, membantu kita, membuat kita lebih baik lagi, dan membantu kita untuk mencapai tujuan kita.


🚀 What matters is how you deal with them. If you treat mistakes as learning opportunities that can yield rapid improvement if handled well, you will be excited by them.

Hal yang penting dalam bersosialisasi adalah kemampuan kita melihat suatu kesalahan (diri sendiri maupun orang lain) adalah suatu "peluang" atau "kesempatan" untuk menjadi lebih baik lagi.

Ketika kita bisa mengelola hal tersebut, dalam sikap dan cara berkomunikasi maka itulah "manusia" yang sesungguhnya.


🚀 If you don’t mind being wrong on the way to being right, you will learn a lot.

Ketika diri kita bisa menerima diri kita ketika salah, dan menerima diri kita ketika benar, kita akan belajar dari kejadian-kejadian. Baik hal-hal yang terjadi pada diri kita sendiri, bahkan dari hal-hal yang terjadi pada sekeliling kita maupun orang lain.





Be humble, be open mind, be respectful





Postingan Populer