Perjalanan Pertama-ku Ke Luar Negeri

Cuma untuk mengingatkan diri sendiri aja. Bahwa tahun 2001 adalah pertama kali perjalanan saya dari kota Malang, untuk bisa naik pesawat dan keluar negeri akhirnya terwujud!

Hari itu saya mampir di gedung rektorat lantai 8, setelah membaca pengumuman di mading bahwa Singapore International Foundation akan mengadakan kembali program ASEAN Fellowship Program. Dalam program ini mereka menyeleksi dan memilih mahasiswa mahasiswi di 10 negara Asean untuk belajar di kampus Singapura selama 1 semester.

Ini kesempatan!

Saya pun akhirnya mulai melengkapi berbagai kelengkapan seperti formulir, membuat essay, dan melengkapi berbagai dokumen untuk bisa mengikuti seleksi. Dan tidak disangka bahwa saya termasuk yang akan diinterview melalui telepon di hari dan jam tertentu. Grogi? pasti lah…!!

Saya merasa bahasa inggris saya ini pas-pasan. Modalnya lebih nekat dan lebih percaya diri aja. Interview itu berlangsung sekitar 10-15 menit. Mereka lebih mengexplore aktivitas saya di luar kampus. Waktu itu saya aktif di dewan teknik, majalah di kampus, dan bisnis warnet kecil-kecilan.

2 minggu berlalu, tidak ada kabar juga…

akhirnya di minggu ke-3 akhirnya mereka mengundang kembali untuk interview langsung! YES! alhamdulillah di tahap ini saya masih masuk. Akhirnya di akhir sesi mereka pun langsung memberikan hasil bahwa saya terpilih bersama sekitar 5 teman (dari UI, ITB, UGM, Airlangga) lainnya untuk ikut program ini. Alhamdulillah…..

Nah kalau itu adalah momen pertama saya untuk :

membuat paspor

pergi ke luar negeri

naik pesawat

Subhanallah…

saya sebelumnya sempat iri melihat teman-teman saya di SMA mendapat kesempatan kuliah di luar kota, dan saya sejak TK sampai kuliah masih terus aja di Kota Malang. Tidak terasa Allah kabulkan keinginan tersebut, langsung bisa belajar dan merasakan kuliah di luar negeri. Ini terjadi di tahun 2001.


Inilah yang disebut MOMENTUM.

silahkan share juga momentum yang pernah kamu alami di kolom komentar….

Simple man, High Attitude