Menyelami IKIGAI

Kemaren di group whatsapp, Pak Agung reshare konten tentang kenapa ada orang yang begitu bersemangat untuk menjalani aktivitas di pagi hari, ibarat kata itu sangat produktif dan menikmati hidupnya.

Pesannya ada 3 hal :

  • Pertama, apakah kegiatan atau bidang yang paling kita minati? 
  • Kedua, di bidang apakah kita yakin bahwa kita akan menjadi yang terbaik? 
  • Ketiga, apakah di bidang tersebut kita menghasilkan pendapatan yang besar?  

Menarik, dan memang konsep ini selaras dengan konsep ikigai.


ada 1 tahapan lagi sebelum jadi pendapatan, kalau di ikigai pendekatannya :

apakah kegiatan tersebut "diperlukan" oleh orang lain / dunia, dan orang bersedia membayarnya.


Dari hal tersebut, ada jembatan yang kita bisa lihat lagi dengan seksama :

Mencari bidang apa yang kita suka, dan bidang yang kita ahli.

.

Menemukan hal ini sampai masuk ke level flow tentu perlu waktu dan proses yang di jalani. Coba berhatikan dan catat kegiatan-kegiatan kita. Katakan dalam 1 tahun terakhir.

Buat daftarnya, lalu masukkan ke ketegori-kategori ini :

  1. The Collector: Menyukai mengumpulkan dan mengorganisir, menikmati mencari barang langka atau menjelajahi arsip atau penjualan barang bekas.
  2. The Competitor: Menyukai permainan dan olahraga, menikmati berusaha sebaik mungkin dan meraih kemenangan.
  3. The Explorer: Menyukai petualangan dan penjelajahan, menemukan tempat dan hal-hal baru melalui hiking, perjalanan jalan, dan petualangan lainnya.
  4. The Creator: Menemukan kebahagiaan dalam membuat sesuatu, bisa menghabiskan berjam-jam setiap hari untuk menggambar, melukis, membuat musik, berkebun, dan sebagainya.
  5. The Storyteller: Memiliki imajinasi yang aktif dan menggunakan imajinasinya untuk menghibur orang lain, tertarik pada aktivitas seperti menulis, menari, teater, dan permainan peran.
  6. The Joker: Berusaha membuat orang tertawa, mungkin dengan melakukan stand-up comedy, improvisasi, atau sekadar melakukan lelucon untuk membuat orang tersenyum.
  7. The Director: Menyukai merencanakan, mengorganisir, dan memimpin orang lain, dapat berperan dalam berbagai peran dan aktivitas, mulai dari menyutradarai pertunjukan panggung hingga menjalankan perusahaan, atau bekerja dalam advokasi politik atau sosial.
  8. The Kinesthete: Menemukan kesenangan dalam aktivitas fisik seperti akrobatik, senam, dan lari bebas.

8 hal diatas itu dijelaskan oleh Ali Abdaal, seorang youtuber yang fokus pada produktivitas yang menyenangkan (feel good).
.

Kalau saya pribadi yang mana ya? apakah.....
  • The Explorer
  • The Creator, atau....
  • The Director


Setelah mencoba melihat mana nyamannya kita itu, temukan sejauh mana "Rasa Ingin Tahu" terhadap hal tersebut.


Dari riset, aktivitas neurologis dalam otak seseorang berbeda ketika mereka ditanya tentang sesuatu yang mereka rasa ingin tahu: yang dipengaruhi oleh dopamine. 

Dopamin adalah salah satu hormon perasaan baik dan mengaktifkan bagian otak yang bertanggung jawab atas pembelajaran dan pembentukan ingatan.


Hal ini tentu dapat meningkatkan kinerja kognitif dan kemampuan belajar seseorang. Dengan memelihara rasa ingin tahu dan menjelajahi pertanyaan-pertanyaan yang menarik bagi kita, kita dapat meningkatkan kemampuan kita untuk mengingat informasi, meningkatkan kreativitas, dan akhirnya mendorong kesuksesan di bidang tersebut.


Yuk diskusi di komen atau di group : 



Simple man, High Attitude