Jalur menuju kebahagiaan : Hedonia - Eudaimonia

Apa itu hedonia? atau mungkin lebih familiar disebut hedon.

Apa itu eudaimonia? ini mungkin jarang kita dengar...

.

Sebenarnya mudahnya :

Hedonia : Feel good, merasa baik (nyaman), bersifat jangka pendek

Eudaimonia : Feel-Purpose, merasa bermanfaat, bersifat jangka panjang

.

Yuk mari kita gali lebih dalam untuk mendapatkan pesan yang lebih dalam 


Banyak dari kita mendikotomikan satu hal saja.

Hanya hedon, atau hanya eudaimonia, padahal tidak seperti itu. Jalurnya adalah dan, bukan atau.


Itulah kunci meraih Hidup Yang Berkelimpahan (fulfilled life)

-> Hedonia : berhubungan dengan kesenangan, kenikmatan, dan kepuasan.

Sebenarnya hedonia itu bersifat netral, tidak dapat dikatakan ada yang positif atau negatif secara mutlak. Tetapi, kita perlu melihat dari sisi perilaku/tindakannya :

(+) Makan-makanan favorit, menonton video yang disuka, bermain game favorit/berolahraga, atau menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai, beraktivitas sendiri untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Ini sering disebut sebagai "Self Care" juga...

(-) Mabuk / minum alkohol untuk merasa "bahagia", menghabiskan uang yang seharusnya digunakan untuk keperluan yang lebih penting untuk membeli barang-barang mewah untuk pamer, berselingkuh untuk membuat kita merasa "bahagia" sementara.

Sehingga pengalaman hedonik dapat menjadi negatif jika kita terus-menerus mencari kebahagiaan tanpa memikirkan konsekuensi jangka panjang. Paling penting adalah memilih hedonia yang memberikan impact yang menjadikan pribadi yang lebih baik, dan tidak merugikan orang lain.


-> Eudaimonia berhubungan dengan : 

  • Otentisitas: memahami diri yang sebenarnya dan terhubung dengan value yang kita yakini, dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai tersebut.
  • Makna: memahami gambaran yang lebih besar, terhubung dengan gambaran tersebut, dan berkontribusi pada gambaran tersebut, aspek yang lebih luas dari kehidupan atau identitas seseorang, tujuan, jangka panjang, masyarakat, bahkan seluruh alam semesta. \
  • Prestasi : berusaha untuk memberikan kualitas terbaik, standar yang lebih tinggi dalam perilaku, kinerja, pencapaian, dan etika.
  • Pertumbuhan diri : beraktualisasi diri, memenuhi potensi dan mengejar tujuan; mencari tantangan; dan bertumbuh sebagai manusia yang lebih baik.

.

Perlu kita sadari untuk menjadi : Genius Of AND.

Meskipun kedua jalur ini berbeda, keduanya tidak saling mengecualikan. Pengalaman yang bermakna dapat membawa kebahagiaan, dan kebaikan diri kita sendiri juga dapat menambah makna dalam hidup kita. Oleh karena itu, kita harus tumbuh pada kedua dimensi untuk menjalani kehidupan yang saling melengkapi.

.


Jadi, ketika kita ingin menjadi orang yang bahagia, cobalah untuk menemukan keseimbangan antara kedua jalur ini dalam hidup. Ingatlah bahwa hidup yang benar-benar berkelimpahan itu melibatkan mencari makna dalam hidup dan memberikan kontribusi pada dunia di sekitarmu, serta merawat kebutuhan dan keinginanmu sendiri baik secara fisik&materi dengan seimbang.

.

Dalam proses mendapatkan kebahagiaan, konsep hedonia-eudaimonia ini juga bisa kita explorasi lebih jauh dengan konsep IKIGAI. 

Dan menurut saya sih nyambung banget lho...

.

Dalam konteks Hedonia, Ikigai dapat dihubungkan dengan keinginan untuk merasakan kesenangan, kenikmatan, dan memberikan perasaan bahagia dalam hidup, yaitu :

  • That which you love : passion, sesuatu yang Anda sukai dan membuat Anda bersemangat. Ini bisa menjadi hobi, minat, atau aktivitas yang paling Anda nikmati.
  • That which you can be paid for : suatu profesi, pekerjaan atau karier yang memberikan penghasilan yang stabil atau menguntungkan untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda. Hal ini dapat mencakup karier yang memungkinkan Anda menggunakan keahlian atau passion Anda.

Dalam konteks Eudaimonia, Ikigai menjadi lebih terkait dengan tujuan hidup yang lebih besar, seperti menemukan arti dan makna hidup, berkontribusi pada masyarakat, dan membangun hubungan sosial yang bermakna. Ikigai dapat membantu seseorang merasa terpenuhi dan memiliki kepuasan yang mendalam dalam hidup.

  • Mission, That which the world needs : suatu tujuan atau misi dalam hidup yang memberikan makna dan tujuan pada keberadaan Anda di dunia. Hal ini dapat mencakup kontribusi pada masyarakat atau lingkungan, pekerjaan, atau pengembangan diri.
  • That which you are good at : suatu skill, keahlian atau kemampuan yang Anda miliki, dan yang dapat Anda gunakan untuk membantu mencapai tujuan atau misi Anda. Ini dapat mencakup pengetahuan, pengalaman, keahlian hingga kepemimpinan.

.

selamat mencari dan menciptakan...



Yuk join group support : 


PS. Catatan riset :

There are different paths to happiness, with each having good and bad aspects. People that pursue hedonic path are quite satisfied with their lives, experience a lot of pleasure and fun, but they have low self-control which might get in a way with goal accomplishment. On the other hand, people who live eudaimonic lives are satisfied with their lives too, and have good self-control. However, they could lack joy and pleasure in life. Logically, simultaneous pursuit of hedonic and eudaimonic paths should lead to the best psychological outcomes. The  present study has empirically confirmed this premise: people who live full lives are the happiest, have good self-control and know which goals to choose.

Simple man, High Attitude