Apa Ukuran Sukses Hidup Kamu?

Karir?
Hubungan?
Purpose?

Tulisan ini sedikit banyak adalah resume dari buku : How Will You Measure Your Life yang ditulis Clayton Christensen, seorang profesor bisnis Harvard Business School. 




Saya penasaran apa hal baru yang bisa kita petik tentang mengelola hidup yang efektif sehingga mencapai kesuksesan pribadi maupun professional (bisnis). 

Tema besar dari buku ini adalah kesadaran akan pentingnya membuat pilihan-pilihan yang tepat dalam kehidupan. Sehingga kita bisa fokus pada hal-hal itu, serta tidak terlalu terpengaruh oleh tekanan dari lingkungan sekitar (termasuk distraksi)

✅ Konsep Visualisasi Goal Kehidupan : Goal Mapping

Bisa jadi ini semacam pemilihan kategori kehidupan dalam wheel of life, kemudian membuat prioritas, dan dari masa-ke-masa yang bisa jadi berubah, hingga memilah mana yang diluar kendali, mana yang ada di dalam kendali.

Bagian berikutnya memberikan kesadaran pentingnya membangun hubungan yang kuat dengan orang lain, terutama keluarga dan teman-teman dekat. Bagaimana kita bisa menjaga komitmen terhadap orang-orang yang kita sayangi dan mengelola waktu dengan baik agar dapat memberikan cukup waktu untuk keluarga dan teman-teman tersebut.

Ini semacam melihat adanya "bola karet" dan "bola kaca" dalam kategori kehidupan kita.

Bola karet, ketika jatuh bisa membal : misalkan kekayaan, popularitas, karir, dll
Bola kaca, ketika jatuh, bisa pecah, bisa ditambal tapi akan ada "bekas" : misalkan dalam relationship.

Kita juga banyak menemukan pentingnya menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion kita dan mengelola karier kita dengan baik. Kita perlu selalu terbuka terhadap peluang-peluang baru yang muncul dan mau belajar terus dalam bidang kita, ataupun bidang yang kita minati. 


Jangan lupa juga untuk memperhatikan kesehatan fisik dan mental kita agar dapat menjalani kehidupan yang sehat dan penuh energi. Dia menyarankan agar kita mengikuti gaya hidup sehat, melakukan olahraga secara teratur, dan mengelola stres kita dengan baik.

Pelajari pola hidup rendah karbo di : Ketogenic Gaya Hidup Revolusioner.

.

Dalam dunia yang sudah begitu kompleks, kita perlu memahami dan menghargai keberagaman yang ada di dunia ini. Kita terbuka terhadap pandangan-pandangan yang berbeda dan belajar dari pengalaman orang lain.

Kita perlu memahami bagaimana sistem yang ada bekerja dan bagaimana kita dapat memanfaatkannya untuk mencapai tujuan. Dunia akan bergerak semakin cepat, perubahan semakin tidak terduga, sehingga kita perlu selalu siap untuk adaptasi

Sebagai manusia, kita perlu memiliki skill untuk memahami bagaimana memengaruhi orang lain dan bagaimana kita dapat membantu orang lain mencapai potensi terbaik mereka. Belajar menjadi pendengar yang baik, menjadi mentor, supporter, coach bagi orang lain sehingga orang lain memiliki kesempatan untuk tumbuh dan belajar untuk mendapatkan potensi terbaik dari diri mereka. Bisa jadi ini adalah bentuk kontribusi bagi diri kita untuk dunia ini.

Perlu ide goal dan resolusi 2023? Dapatkan Contohnya ->  Goal Mapping

.
.

Apa 7 rangkuman dari buku ini?

  1. Pentingnya membuat pilihan-pilihan yang tepat dalam kehidupan: Setiap orang memiliki pilihan-pilihan dan mengambil keputusan dalam kehidupan. Kualitas pilihan dan keputusan sangat berpengaruh pada keberhasilan kita pribadi dan profesional. Oleh karena itu, kita harus memahami apa yang benar-benar penting bagi kita dan fokus pada hal-hal tersebut.
  2. Membangun hubungan yang berkualitas dengan orang lain: Latihlah komitmen kita terhadap orang-orang yang kita sayangi dan mengelola waktu kita dengan baik agar dapat memberikan cukup waktu untuk keluarga dan teman-teman terdekat.
  3. Menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion kita: Pekerjaan kita adalah karya kita. Teruslah mencari peluang-peluang baru yang muncul dan selalu berusaha untuk belajar dan tumbuh dalam pekerjaan kita. Ingat untuk selalu mau berpikiran terbuka. Hindari mental saya sudah tahu, ubahlah menjadi apa yang bisa saya pelajari.
  4. Menjaga kesehatan fisik dan mental. Mulailah mengikuti gaya hidup sehat sebelum terlambat dan menyesal, melakukan olahraga secara teratur, menjaga pola tidur dan mengelola stress kita dengan baik.
  5. Memahami dan menghargai keberagaman. Hidup ini sangat kaya akan sudut pandang. Cobalah terbuka terhadap pandangan-pandangan yang berbeda dan belajar dari pengalaman orang lain.
  6. Memahami bagaimana sistem yang ada bekerja: Bagaimana dengan politik, ada apa dengan sistem uang, bagaimana dengan metode pendidikan, bagaimana sistem kesehatan di buat. Teruslah mempertanyakan status quo dan selalu mencari cara dan peluang menjadi lebih baik untuk kedepannya. 
  7. Memahami bagaimana kita memengaruhi orang lain: Kita punya peran dan tujuan hidup yang mulia. Berikan dukungan dan bimbingan kepada orang lain, serta memberikan kesempatan kepada orang lain untuk tumbuh dan belajar.
.

Kita bisa lebih memahami konsep "wheel of life" maupun "Ikigai" dan diperkaya dengan berbagai sudut pandang baru. Lalu apa ukuran sukses hidup kita?

Silahkan tentukan sendiri, bagi saja menjadi beberapa kategori.
Lanjutkan kehidupan dan terus menjadi lebih baik.
Setiap hari
Setiap minggu
Setiap bulan
Sepanjang tahun....





Simple man, High Attitude