Jangan memberi saran orang lain jika....

Tidak diminta!


ya...

bener-banget.

Jangan memberikan saran ke orang lain, jika kamu tidak diminta.

Walaupun kamu punya niat baik untuk membantunya.

.

.

Memang ini terdengar aneh ya,

tapi dari pengalaman pribadi, saya juga merasakan hal tersebut.

Ketika kita memberikan saran, malah banyak merugikan diri kita, dia, bahkan hubungan antara diri kita dengan orang yang kita berikan saran.

.



Coba renungkan saja sejenak.

.

.

.

.

Pernahkan kamu menasehati atas hal tertentu, lalu teman kamu, atau pasangan, atau bahkan anak, tapi malah dia tidak mau mendengarkan, malah melotot, bahkan ngacir...

Lalu kamu pun jadi merasa sakit hati juga

.

.

Itulah sebenarnya kita juga harus belajar : Bagaimana sebenarnya suatu "saran" itu bisa works?

.

Kita perlu menyadari juga, bahwa seringkali suatu "saran" itu cenderung bersifat "judgmental" atau menghakimi orang yang kita beri saran. Dia tidak mengharapkan itu, bahkan bisa jadi dia juga tidak terpikir akan hal tersebut, lalu kita ujuk-ujuk datang menunjukkan dan memberikan saran.

.

Jadi kalau tidak diminta saran atau masukan, kamu lebih baik diam atau dengarkan dia bicara saja.

.

Karena, jika mereka perlu saran, mereka akan memintanya. Dan itu menunjukkan mereka membutuhkan saran dan akan terbuka untuk mendengarkan dan mendapatkan masukan. 

.

Berikutnya, berikan saran secara personal saja. Jangan memberikan saran terutama terkait hal-hal yang bersifat pribadi di ranah umum. Apalagi kalau sampai di post di social media hihihi.... Buat se-intim mungkin, kalau bisa orang lain tidak ada yang tahu.

Dalam beberapa hal, orang itu memang perlu membuktikan apa yang dia pikirkan atau yang dia lakukan itu salah atau tidak bisa mendapatkan hasil yang dia inginkan. Biarkan orang lain melakukan saja hal-hal yang dia anggap benar, dan kalau salah, dia juga membuktikan hal tersebut adalah salah.

.

Nah, ketika dia sudah mulai menyadari perlu berubah, atau perlu saran, perlu masukan, dan meminta, barulah "teaching moment" itu hadir. 

.

Berilah kesempatan orang lain untuk menyadari hal-hal itu, sehingga mereka punya internal awareness yang lebih baik lagi. Dengan diskusi, bertanya, menggali dengan pertanyaan dan moment yang tepat, maka "perubahan" yang mereka sendiri harapkan akan terjadi. Alih-alih kamu repot memberikan saran dan mereka tidak mau mendengarkan.

.

Coba renungkan saja. 

Bahkan merasakan bagaimana ketika orang lain memberikan saran untuk diri kamu.


Kalau mau cari saran buat jadi langsing dan sehat, cek foodketo.com








Simple man, High Attitude